Bedanya Piano, Organ, dan Keyboard

Bedanya Piano, Organ, dan Keyboard
Kidnesia.com - Apa bedanya piano, organ dan keyboard, ya? Cari tahu, yuk!
Piano
Piano adalah sejenis alat musik yang mempunyai papan ketik atau papan tangga nada, dan menghasilkan suara berdasarkan ketukan palu terhadap senar. Piano pada umumnya terbagi menjadi 2 jenis yaitu Stand-Up Piano dan Grand Piano. Stand-Up Piano adalah piano yang  pendek “ekor”nya dan Grand Pianoadalah piano yang berukuran lebih besar.
Piano memiliki tuts yang lebih banyak karena alat musik piano diciptakan pada mulanya untuk permainan solo sehingga harus menjangkau nada mulai dari sangat rendah sampai sangat tinggi, supaya semakin banyak variasi.
Organ
organ
Ciri khas organ yaitu punya pedal nada yang banyak. foto:wordpress.com
Organ adalah sejenis alat musik berbentuk seperti piano yang menghasilkan suara tapi bukan dari ketukan palu terhadap senar.
Zaman dulu, organ bersuara dari banyak pipa yang disusun berdasarkan tangga nada lalu ditiup, dan keyboard digunakan untuk mengatur tangga nada yang akan keluar.
Tetapi, jaman sekarang ini sumber suara organ bukan dari pipa lagi tetapi dari rangkaian elektronik.
Organ juga ada dua jenis yaitu organ Pipa dan organ Elektronik . Organ Pipa adalah organ akustik yang memiliki pipa-pipa raksaksa. Organ pipa memiliki deretan tuts lebih dari satu dan tombol analog yang sangat banyak.
Organ Pipa sendiri punya pipa-pipa raksaksa. Nah, suaranya berasal dari pipa-pipa raksasa tersebut. Sedangkan organ Elektronik memiliki deretan tuts 2-3 baris dan pedal kaki yang sangat banyak.
Keyboard
KEYBOARD
keyboard tidak memiliki pedal nada dan mudah dibawa kemana saja. foto:wordpress.com
Keyboard adalah bagian dari alat musik atau komponen alat musik berupa sederet papan ketik atau sederet papan tangga nada berwarna putih dan hitam yang merupakan bagian dari piano dan organ.
Keyboard sudah dilengkapi dengan fasilitas suara alat musik yang beragam sehingga tidak terlalu membutuhkan tuts yang banyak. Alat musik keyboard memang diciptakan untuk meniru suara piano, namun harganya lebih terjangkau.
Kebanyakan keyboard sudah dilengkapi dengan fitur irama pengiring untuk membantu pemain pemula memainkan musik dengan tempo yang tepat, jadi tidak perlu kesulitan mencari irama saat memainkannya.
Asal kamu tahu saja, dari ketiga alat musik tersebut sebenarnya teori dan teknik memainkannya sama, hanya pada alat musik organ, pemain juga dapat menambahkan permainan bass pada kaki atau pedalnya.
Dan prinsipnya juga sama yaitu memainkan melodi dan iringan secara bersamaan, sehingga dapat menghasilkan musik yang utuh dari seorang pemain saja. Nah, itu dia bedanya piano, organ, dan keyboard.
Teks: Kidnesia
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar